Cemas Berlebihan Menjelang Akhir Tahun? Gimana Menghadapinya?

Akhir tahun semakin dekat. Sebagian orang menyambut hal ini dengan baik, sebagian lain justru merasa cemas.

Kecemasan tersebut bisa disebabkan karena berbagai faktor, di antaranya pemikiran soal target yang belum tercapai, tekanan, tumpukan pekerjaan, hingga harapan yang ingin dicapai di masa mendatang.

Belum lagi pandemi Covid-19 yang membuat semua orang berada dalam kondisi serba terbatas dan terisolasi. Kalau kamu merasa demikian, tenang, kamu nggak sendirian kok. Nah, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba untuk meminimalisir rasa cemas yang muncul menjelang akhir tahun!

Menjadi Produktif yang Sehat

Pernah nggak sih kamu merasa sudah bekerja atau berusaha sangat keras, tapi yang dihasilkan jauh dari ekspektasi? Kalau iya, mungkin kamu kurang mengatur energimu dengan baik. Untuk mengatasinya, kamu perlu memahami produktivitas yang sehat, yakni dengan mengetahui kekurangan serta kelebihan di dalam dirimu dalam mencapai tujuan. Selain itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat.

Done is Better than Perfect

Hayo, siapa yang kalau ngerjain sesuatu sering lelet karena takut hasilnya nggak sempurna? Atau punya standar yang terlalu tinggi? Hal yang kayak gini mending dikurangi, deh. Sikap perfeksionis berlebihan bisa menghambat performa, bahkan membuat pekerjaan kita nggak selesai-selesai. Apalagi jika kamu bekerja dalam tim. Bersikap perfeksionis secara berlebihan juga akan membuatmu mudah tidak percaya dengan performa rekan-rekan tim dan tampak terlalu mengontrol.

Yakin dengan Kemampuan Sendiri

Merasa tidak cukup baik, kurang pintar, atau kurang berkualitas, sehingga merasa nggak pantas memperoleh hal yang luar biasa? Eits, ini juga bukan sikap yang boleh dipertahankan karena bisa menghambatmu untuk berkembang. Kamu perlu yakin dengan tujuan serta kemampuan sendiri. Caranya, buatlah komitmen untuk memperlakukan dirimu seperti kamu memperlakukan orang yang kamu cintai dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Mulai Berpikir Positif

Menjelang akhir tahun, kita biasanya banyak merenungkan segala hal yang sudah terjadi. Tapi, terkadang ada rasa nggak puas yang menyebabkan munculnya pola pikir negatif dan membuat kita meragukan diri sendiri. Untuk itu, cobalah berpikir serta melakukan hal-hal yang lebih positif atau fokus pada hal-hal yang ada.

Terhubung dengan Orang-orang

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak masyarakat yang memutuskan untuk menjalani aktivitas dari rumah dan tidak bisa bertemu dengan teman-teman atau keluarga. Untuk menghilangkan stres, cobalah menghubungi mereka setiap ada waktu melalui telepon maupun panggilan video.

Mencari Bantuan Profesional

Jika sudah tidak bisa menghadapi kecemasan yang berkepanjangan, ada baiknya bagi kita untuk mencari bantuan profesional. Hal ini bukanlah sesuatu yang memalukan, tapi sebagai bentuk bahwa kita menyayangi diri sendiri, agar bisa menjalani rutinitas dengan lebih baik.

Cara lain untuk mengurangi kecemasan berlebihan menjelang akhir tahun adalah mengambil jeda demi menjaga keseimbangan dan kesehatan mental. Hal ini bisa dilakukan lewat aktivitas-aktivitas sederhana, di antaranya melukis, memelihara binatang, berkebun, sampai berburu makanan yang kamu sukai.

Buat kalian yang suka manjain diri dengan cara berburu makanan-makanan enak, ada baiknya menghindari makanan yang kurang sehat. Salah pilih makanan bukannya bikin cemas hilang, tapi malah bikin masalah baru seperti obesitas. Biar bisa nyemil tanpa khawatir obesitas, Ladang Lima punya banyak produk sehat, antara lain Blackmond dan Blackthins.

Cookies Blackmond dan Blackthins terbuat dari kelapa, tepung singkong, almond panggang, serta dibuat tanpa telur dan susu. Selain itu, kedua cookies ini juga mengandung dark chocolate yang meningkatkan dopamin dan oksitosin, sehingga membantu kita agar lebih rileks dan happy. Nah, tunggu apa lagi? Buruan aja beli di www.ladanglimastore.com !!!


Gambar

Photo by Joice Kelly via Unsplash

Sumber

The Guardian

Talk Space

Healthshots

Ketamine Wellness Centers

Nabila Amelia

all author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.