Healthiers, lebaran sudah tiba nih. Momen di mana kita kumpul bersama keluarga. Biasanya, momen ini juga ditandai dengan melimpahnya hidangan lebaran di rumah. Para ibu di rumah pun mulai sibuk menyiapkan hidangan khas untuk menyambut hari raya. Hayo siapa nih yang suka banget berbagai jenis kue lebaran beserta opor ayam dan kawan-kawannya?

Dari berbagai makanan lebaran ternyata memiliki banyak kalori lho! Jangan sampai habis lebaran kalap makan ini itu dan bikin badan kamu lebar-an juga ya! Melansir Times of India, banyak orang cenderung gelap mata saat tersedia banyak hidangan di meja makan. Namun, kita perlu tetap mengontrol nafsu makan agar berat badan tidak melonjak setelah lebaran karena makan berlebihan. Yuk cari tahu kalori makanan lebaran agar kita gak tambah LEBAR-an setelah momen lebaran!

Berikut perkiraan rata-rata kalori dalam setiap makan lebaran:

 

1. Opor Ayam

Hidangan lebaran tanpa opor ayam, tak lengkap rasanya. Opor ayam yang dibuat dengan kuah santan ini mengandung kalori cukup tinggi, sekitar 415 kalori/100 gr.

 

2. Rendang Daging

Makanan asal tanah Minang ini menjadi menu wajib saat lebaran, mengandung sekitar 518 kalori/100 gr.

 

3. Sambal Goreng Hati

Sambal goreng hati yang biasanya dicampur dengan kentang dipotong dadu dan sebagai pelengkap makan bersama sayur manisan ini memiliki 346 kalori/100 gr.

 

4. Ketupat Sayur

Terbuat dari sayur manisan dengan kuah santan ini biasanya dimakan dengan ketupat, memiliki 389 kalori/100 gr.

 

5. Nastar

Cookies bulat kuning berisi nanas ini ternyata kalorinya cukup tinggi lho healthiers. Sekitar 75 kalori/butir. Tetapi tidak ada di antara kita yang hanya cukup makan 1 butir saja kan? Kalau kita makan 10 butir nastar, sudah 750 kalori. Wow!

 

6. Putri Salju

Cookies yang biasanya berbentuk bulan sabit dengan taburan gula halus ini memiliki 53,4 kalori/butir. Jangan terlalu banyak mengonsumsi ya healthiers, kalau gak mau kena diabetes karena mengandung banyak taburan gula.

 

7. Sagu Keju

Sagu keju memiliki tekstur yang ringan dan mudah dicerna, kue ini memiliki 45,2 kalori/butir.

 

8. Kastengel

Cookies keju favorit nih, rasanya yang gurih khas keju memiliki 55 kalori/butir lho.

 

Tidak ada yang salah dengan menyantap hidangan lebaran. Namun, ingat tetap batasi asupan kalori yang masuk dalam tubuh. Jika terlalu banyak, kelebihannya akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Ekstra kalori ini biasanya tersimpan dalam bentuk trigliserida yang bisa membahayakan jantung jika terakumulasi.

Yuk jaga asupan kamu dengan produk-produk Ladang Lima yang bebas gluten, karena lebih kaya serat, rendah gula yang bikin berat badanmu terjaga. Mengganti tepung terigu di rumah dengan tepung singkong Ladang Lima adalah langkah baru yang bisa kamu lakukan untuk hidup lebih baik di tahun ini.

Selain itu kamu juga bisa ganti camilanmu dengan yang lebih sehat! Yaitu produk cookies Ladang Lima TIDAK menggunakan terigu, melainkan menggunakan tepung singkong, TIDAK menggunakan telur tetapi menggunakan flaxseed, TIDAK menggunakan gula tebu tetapi menggunakan gula aren, sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Yuk lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, kurangi mengonsumsi makanan yang banyak menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. Ubah kebiasaanmu menjadi lebih sehat, dengan mengonsumsi produk gluten free!

1 Comment

  1. Zazkia Gisska May 28, 2021 Reply

    Aku baru tahu ternyata nastar sekecil itu banyak banget ya kalorinya. Yakin deh bakalan beralih buat sendiri pake tepung singkong. Infonya bermanfaat banget

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Senang sekali anda telah mengunjungi Ladang Lima Store
Selamat datang di ladanglimastore.com
WooChatIcon 0
X
We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications